Cermin Diri

Cermin.. hmm.. apa yang langsung terpikirkan oleh sahabat semua tentang cermin?? cukup ajaib juga gak sih benda pemantul satu ini?? lalu… siapa yang menemukannya tuk pertama kali?? *Plaaaaaak…. (dilempar sandal), walaah… kok ya malah ngebahas sampai ke penemunya segala* hehehe๐Ÿ™‚

Yah… benda satu ini gak asing dalam kehidupan kita (dikenal ramai sebagai sejenis benda yang dapat memantulkan cahaya atau bayang) dan mungkin sudah terpajang menghias salah satu sudut kamar kita, dimana didepannya kita dapat membenah diri dari kekusutan hingga benar – benar telihat rapi dan pantas, bahkan dari hasil bertanya kesana kemari, kekanan kekiri gak pake atas bawah *Ploooook…. (dilempar sepatu kali ini hehe)* ama temen cewek dikantor, mereka bisa betah berlama – lama didepan cermin, membenah ini dan membenah itu.. berhias ini dan berhias itu.. Bener gak sih??? hehehe *piss piss*

Namun dipost ini, gak ingin ngebahas panjang lebar tentang cermin tempat kita berkaca dan membenah diri, namun cermin yang sebenar – benarnya cermin (menurut saya)…

…. Cermin Diri ….

Mungkin kerap dari kita saat didepan cermin hanya sebatas sekedar membenah diri dari apa yang dapat kita lihat tanpa sebuah detail.. dan sambil bergumam.. ” hari dimulai lagi.. Semangat !!!”. Pernah kah kita didepan cermin benar – benar menatap dalam bagaimana wajah, mata dan semua tentang diri kita???

Berawal dari membaca sebuah buku, untuk judulnya saya lupa karena udah lama banget, namun inget betul tulisan ini oleh Abdullah Gymnastiar, saat awal membaca tulisan ini pada bait pertama, sontak diri ini tertohok.. hati rasanya benar – benar tertusuk, bukan belati namun ribuan jarum panas yang tertancap perlahan. rasa seketika beda, tak ada satu pun kata diujung lidah, petak kamar seketika berasa berubah tebing tinggi menjulang menyisakan ruang seraga tempatku meringkuk terdiam. Astaghfirullah.. selamatkan aku.. terbata terlontar!!! dan kembali terdiam…

Sampai sekarang pun penggal – penggal kata itu masih mengisi sudut kepalaku.. dan ini penggalan – penggalan kata yang ku ingat..

 

****

Saat kudatangi sebuah cermin

Tampak sesosok yang sangat lama kukenal dan sering kulihat

Namun aneh, sesungguhnya aku tak mengenal siapa yang kulihat

Tatkala kutatap wajah, hatiku bertanya?

Apakah wajah ini yang kelak bercahaya dan bersinar indah di surga sana?

Ataukah wahah ini yang kan hangus legam dilembah neraka terdalamnya?

Tatkala kutatap mata, nanar aku bertanya?

Mata inikah yang kan menatap penuh kerinduan…

Menatap Allah, menatap Rasulullah dan kekasih2 Allah kelak?

Ataukah mata ini yang kan terbeliak, teburai menatap siksanya?

Wahai mata, apa gerangan yang kau tatap selama ini?

Tatkala kutatap mulut, apakah mulut ini yang kan mendesah penuh kerinduan mengucap Laa Ilaaha Ilallah ?

Ataukah mulut ini yang kan menganga dengan jeritan pilu yang kan mencopot sendi – sendi setiap pendengar?

Wahai mulut, apa gerangan yang tlah kau ucapkan selama ini?

Berapa banyak hati remuk dengan pisau katamu?

Betapa langka Engkau syahdu memohon Allah mengampunimu?

Tatkala kutatap tubuh

Apakah tubuh ini yang kan bersinar, bersuka cita di surga?

Ataukah tubuh ini yang kan tercabik hancur di lembah neraka terdalamnya?

Betapa beda apa yang tampak dicermin dan apa yang tersembunyi

Betapa yang kulihat selama ini hanya topeng

Sedang aku.. hanya seonggok sampah busuk yang terbungkus

Selamatkan aku ya Robb..

****

itu kata – kata yang ku ingat dari tulisan itu… sungguh buat diri ini bercermin.. selamatkan diri ini Ya Robb..

terdiam kembali menyapa.. tak ada yang dapat kukata.

Semoga kita slalu dalam lindungannya..

 

Kini apa yang terpikirkan sahabat saat didepan cermin ???

 

Sb. Gambar : Mbah Google

68 thoughts on “Cermin Diri

  1. saat aku pandangi cermin…
    aku melihatnya DIA yang begitu sempurna, sempurna menciptakan jasad ini…hiks….kemudian berpikir, roh ku terjebak di tubuh ini, sampai kapan?

    gak usah bercermin, liat aja jari tangan kita, bisa gerak2, serem ya kalo dipikir, Tuhan maha canggih… T_T

  2. Aku kalau melihat cermin jadi narsis๐Ÿ˜€

    ‘Bercermin diri’ sesungguhnya sangat sulit dilakukan, karena tidak banyak orang yang berani jujur menilai dirinya sendiri. Sehingga kemudian kita lupa dan terlena sampai kemudian tersadarkan karena kita ‘terbentur’ sesuatu.

  3. Saat bercermin, terasa masih banyak ada ketidaksempurnaan diri ini yang harus dibenahi. Semoga selalu dalam bimbingan dan lindungan-NYA…

    SALAM hangat dari Kendari.

  4. ุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡
    ——

    Membaca judul saya terlintas lekas melaut ke hati…
    saya teringat kata habibana, bahwa hati ialah cermin diri..

    Dan ketika saya membaca syair di bawah, hati ini gegas kelu ,,,

    Di lembaran tahun baru ii, akankah aku mati dalam khusnul khotimah, bertemu dg tuanku sayyidina muhammad SAW…
    Apakah allah akan memberikan aku satu amal yg membuat sayyidina muhammad mencari2ku di akhirat nanti?

    MElihat rupa sang tuan pun tentu harus dg cermin yg bersih, karena banyak cerita dr mereka yg bertemu sang tuan, bhw tuan dlm kedaan tua renta buruk rupa..dan semua karena hati yg masih penu polusi…

    Lalu bgmn saya? Sdgkn dlm mimpi pun belum pernah ertemu sayyidina muhammad, ditambah lg hati yg berserakan sampah2 yg sudah menjagat ini…

    ——

    ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏ – ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…
    ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏ – ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…
    ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏ – ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…
    ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏ – ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…
    ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏ – ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…
    ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏ – ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…
    ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏ – ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…

    • ************************************************************
      Oh ya, maaf OOT.

      Sekalian berbagi informasi:

      Jangan lupa yaโ€ฆ

      Jam. 16.00 โ€“ 17.30

      Nonton TV-One

      TABLIGH AKBAR 1 MUHARRAM

      bersama

      MAJELIS RASULULLAH & Habibana Munzir bin Fuad Al Musawa

      โ€”

      Ayo bermuhasabah bersama di sore nan mulia ini

      *** Siapkan tisu di akhir acara, saat acara doa, sungguh hati ini akan malu sampai jiwa ini mencair dari kebekuan nan hina

      Info lebih lanjut: klik http://www.majelisrasulullah.org

      **Ini bukan promosi link lhoโ€ฆ

    • ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏ โ€“ ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…
      ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏ โ€“ ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…
      ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏ โ€“ ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…
      ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏ โ€“ ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…
      ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏ โ€“ ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…
      ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏ โ€“ ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…
      ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏ โ€“ ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…

  5. Salam Sahabat Common Cyber
    ******************************

    Huhw, jika bicara ttg surga..
    Melihat keindahan ALLAH

    Sungguh diri ini tak pantas..
    Apalagi melihat bayang dalam cermin diri,,,hati begitu penuh lumuran tanah-tanah kotor…

  6. Padahal tiap hari kita bercermin ya. Tapi yang diurusi malah kecantikan dan ketampanan saja. Padahal kalau kita lebih mau berpikir, dengan cermin kita dapat menanyakan kepada diri sendiri, mau dibawa kemana diri ini setelah mati. Bagaimana nantinya sosok raga yang indah itu harus masuk ke dalam liang kubur.

  7. saat bercermin,
    kadang saya memikirkan, betapa indah mahluk Tuhan
    kadang saya memikirkan, bahwa saya bukanlah pemilik diri ini, karena Sang Khalik-lah pemilik semua mahluk
    kadang saya memikirkan, betapa banyak aib kita. Bersyukurlah karena aib itu tertutupi๐Ÿ™‚

  8. Saya terkadang suka malu ketika bercermin.
    Saya merasa masih banyak sekali ke khilafan, salah ataupun dosa yang saya lakukan.

    Menjadi seorang manusia adalah sebuah takdir dari tuhan. Tapi menjadi manusia yang benar – benar bersikap seperti manusia adalah sebuah pilihan. Saya sering bercermin dan bertanya kepada diri saya sendiri, apakah saya udah masuk dalam golongan manusia yang benar – benar memiliki sikap seperti manusia?

    saya suka bercermin dan bertanya kepada diri saya sendiri, apakah saya termasuk dalam manusia yang bersikap seperi (maaf) binatang yang tidak memiliki akal dan pikiran namun hanya mengandalkan naluri???

    Melalui artikel ini saya menjadi seperti terpanggil untuk mengetahui dan menemukan jawaban yang saya tanyakan tadi. Termasuk dalam golongan manusia seperti apakah saya?

  9. Kegiatan bercermin diri, merenungi apa yg telah kita lakukan, adalah sebuah kerutinan yang harus terus dilakukan…๐Ÿ˜ Tapi kadang saya pun lalai…๐Ÿ˜ฅ

  10. …ingin becermin di cermin hati…biar tahu hati kita dah kayak apa…cantik..buruk…atau dah ga dapat diselamatkan lagi….

  11. ada yang bilang cermin ga bakal pernah bohong. menurut saya, tergantung cerminnya, cermin cekung, cermin cembung, ato cermin datar. ato malah cermin yang kayak di cerita dongeng yang bisa bilang perempuan tercantik di jagat raya siapa *beneran lupa ini cerita apaan* hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s